Sabtu, 06 Februari 2010

menurunkan berat badan setelah melahirkan

hai mau bagi info seputar tentang pengalaman saya setelah melahirkan putri pertama. Berat badan saya melonjak tajam, sampai2 semua baju tidak ada yang muat. Beruntung suami santai saja, namanya juga habis punya baby sudah lumrah kalau berat badan naik. Tapi sebagai seorang wanita dan istri tentunya saya ingin berat badan kembali ke bentuk semula.. ni ada sedikit tips dari pengalaman pribadi saya.

1. mengurus bayi sendiri
waktu pertama melahirkan saya mengurus bayi sendiri. Tidak pernah terpikir untuk memakai jasa pengurus anak, terlalu keren buat istri seorang pns seperti saya, tapi sesekali dibantu juga oleh ibu saya. Dengan mengurus bayi kita sendiri badan jadi sering bergerak jadi semakin banyak lemak yang terbakar dalam tubuh.

2. Menyusui
bener loh ternyata menyusui bayi kita sedikit banyak bisa membuat berat badan kita turun. Bahkan akan lebih mudah buat ibu yang menyusui untuk mengurangi lemak di badan terutama di area 3P (paha, pinggul dan pantat), ketimbang ibu yang tidak menyusui.Kalau kita memberikan ASI pada bayi kita maka dalam jangka waktu 4-6 bulan berat badan dapat turun meski sangat perlahan. mungkin karena rutinitas bangun malam untuk menyusui dll yang bikin berat kita turun.

3. makan makanan berserat tinggi
orang tua dalam keluarga melarang saya untuk makan2an berlemak dan bersantan waktu setelah melahirkan, karena bisa membuat tubuh tambah gemuk dan katanya bisa membuat produksi asi jadi kurang bagus. jadilah saya makan banyak sayur dan buah dalam jumlah yang cukup banyak ketimbang karbohidrat. sudah tau kan makanan berserat bikin pencernaan kita lancar dan gak mbikin gemuk.

4. Berolah raga
bukan olahraga berat loh ya, apalagi yang melahirkan secara caesar seperti saya sangat tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berat jangka waktu 4 - 6 bulan. Olahraga saya cukup dengan membawa baby jalan2 di pagi dan sore hari, keliling2 komplek saja. bisa membuat badan kita makin kencang.

5. Ramuan jadul
sejak melahirkan sampai sekarang saya masih sering pakai ramuan campuran air jeruk nipis dan kapur sirih. ramuan tadi berguna untuk menghilangkan selulit dan lemak2 di lipatan kulit, di usapkan aja sering2 di daerah paha, lengan, bokong terutama perut.

6. pilih kb tepat
dulu sempat saya memilih ber-kb suntik, entah sugesti atau apa tapi berat badan saya cenderung naik dan tak mau turun, sekarang saya beralih pada pil kb merk nya diane35. lumayan berat badan saya tidak mudah naik dan bahkan cenderung cepat turun.

seiring berjalanya waktu berat badan saya suka naik turun juga, tapi saya berusaha menerapkan pola hidup sehat and food combination. terakhir berat badan saya udah mencapai berat badan ideal sebelum melahirkan.

so selamat berjuang bagi para ibu2 muda yang sedang berdiet..

0 komentar:

 
Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino